Untuk bisa memasukkan aplikasi visa 190 yang valid, aplikan harus memasukkan Expression of Interest (EOI) untuk visa ini dan mendapatkan undangan untuk memasukkan aplikasi.

Untuk memasukkan EOI, aplikan harus memenuhi minimum 60 poin.

Jika aplikan mendapatkan undangan untuk memasukkan aplikasi, aplikasi akan dinilai berdasarkan point test. Nilai poin aplikan harus sama atau lebih besar dari jumlah poin yang diklaim melalui EOI sebelumnya.

Kita akan membahas bagaimana menghitung poin pada edisi mendatang, pada edisi ini kita hanya akan membahas tentang persyaratan umum untuk aplikasi visa ini.

Nominasi dari Pemerintah State/Territory

Agen dari pemerintah state/territory akan mempunyai akses ke SkillSelect. Jika aplikan ingin dinominasi oleh state/territory untuk visa ini, aplikan harus mengindikasikannya dalam EOI. Jika aplikan tertarik pada state tertentu, aplikan mempunyai opsi untuk mengindikasikan state ini atau aplikan bisa memilih semua state jika tidak memiliki preferensi.

Jika pemerintah state/territory menominasikan aplikan, aplikan akan secara otomatis mendapatkan undangan dari SkillSelect untuk memasukkan aplikasi visa ini jika batas atas untuk nominasi pekerjaan aplikan belum tercapai.

Persyaratan Umur

Pada saat diundang, Anda harus berumur di bawah 50 tahun. Perlu diperhatikan bahwa umur Anda pada saat diundang yang akan dipertimbangkan, bukan pada saat Anda memasukkan EOI.

Penilaian Skill

Untuk memasukkan aplikasi visa ini, aplikan harus menominasikan pekerjaan yang berada dalam Consolidated Sponsored Occupation List (CSOL) http://www.immi.gov.au/Work/Pages/skilled-occupations-lists/csol.aspx  pada saat undangan dikeluarkan. Aplikan harus bisa memberikan bukti bahwa aplikan telah dinilai sesuai untuk nominasi pekerjaan Anda oleh badan yang berwewenang untuk menilai nominasi pekerjaan aplikan.

Persyarataan Kemampuan Bahasa Inggris

Pada saat diundang, aplikan harus bisa menunjukkan bahwa mereka mempunya kemampuan Bahasa Inggris minimum kompeten. Kompeten dalam Bahasa Inggris adalah mempunyai nilai IELTS minimum 6.0 pada setiap komponen, atau min B pada test OET (Occupational English Test) atau warganegara dan pemegang paspor negara Inggris, Kanada, Selandia Baru, Irlandia atau Amerika Serikat.

Lokasi dan visa aplikan yang eligible untuk memasukkan Aplikasi

Aplikan boleh berada di dalam atau luar Australia pada saat memasukkan EOI, memasukkan aplikasi atau pada saat visa diputuskan.

Jika aplikan berniat untuk memasukkan aplikasi di Australia, Aplikan bisa memasukkan aplikasi, jika aplikan adalah pemegang visa yang valid selain visa Bridging D, E, F, visa Criminal Justice, atau visa enforcement.

Perlu diingat bahwa EOI bukan aplikasi visa, dan aplikan tidak akan mendapatkan Visa Bridging dengan memasukkan EOI. Jika aplikan berada di Australia pada saat memasukkan EOI, dan aplikan bukan pemegang visa yang valid atau tidak visa memasukkan aplikasi visa lainnya, aplikan harus meninggalkan Australia.

Persyaratan Kesehatan dan Karakter

Aplikan juga harus memenuhi persyarataan kesehatan dan karakter.


[alert color=”C24000″ icon=”9998″]YNJ Migration Consultants[/alert]
[alert color=”C24000″ icon=”128222″](03) 9650 0895 / [email protected][/alert]
[alert color=”B7C29D” icon=”9888″]Artikel ini ditulis berdasarkan informasi yang penulis dapatkan dari website DIAC www.immi.gov.au per 17 Maret 2014 dan hanya sebagai informasi umum dan bukan sebagai pengganti nasihat keimigrasian. Jika anda membutuhkan informasi yang akurat tentang kemungkinan anda mendapatkan visa sementara atau PR Australia, Anda bisa menghubungi Yapit Japoetra, MARN 0213101 (YNJ Migration Consultants) di (03) 9650 0895 atau agen-agen imigrasi terdaftar lainnya.[/alert]