Musim semi telah tiba dan suku bunga yang dipredikisi akan menurun lagi ternyata tetap bertahan di angka 2%. Para ahli properti mengatakan bahwa pasar properti di Australia bulan September ini nantinya akan lebih diarahkan oleh naiknya tingkat permintaan dan tingkat pasokan hunian rumah diikuti dengan level permintaan dari para pendatang dan pembeli (investor) asing.

Dough McLauchlan, salah satu praktisi lelang (auctioneer), mengatakan bahwa bagian Inner-East Melbourne telah mengalami peningkatan jumlah pembeli lahan kosong khususnya dari negeri Tiongkok. Salah satu alasan para pembeli hunian di pinggiran kota adalah mudahnya akses ke berbagai macam fasilitas dan gaya hidup yang cukup dinamis namun masih tidak sepadat di pusat kota. Tingginya permintaan ini mengakibatkan desakan untuk perkembangan fasilitas di daerah pinggiran kota makin kuat.

Pasar properti Australia tengah mengalami transisi dari rancangan rumah keluarga yang cenderung dibangun di atas blok lahan yang besar ke rancangan rumah pada blok kecil serta memfokuskan pada lokasi yang dekat dengan akses transportasi dan atraksi gaya hidup.

Berdasarkan informasi dari CoreLogic RPData, hasil pelelangan tempat tinggal di Melbourne Juli yang lalu tercatat sebesar 76.8%, dimana persentase ini mengalami peningkatan sebesar 3% dibandingkan figur tahun sebelumnya.

Adapun di Sydney juga mengalami peningkatan auction clearance rate di 78.8%. Kondisi ini didukung dari grafik di bawah yang menunjukkan bahwa pasar properti saat ini relatif kompetitif dikarenakan adanya permintaan real estate yang kuat. Hal ini juga ditambahkan dengan pelemahan dolar Australia terhadap dolar Amerika (USD 0.73).

Secara keseluruhan pada kuartal dua 2015, Melbourne mencatat nilai capital gain tertinggi dibandingkan dengan semua negara bagian di Australia dimana nilai tempat tinggal melonjak hingga 6.1%. Menurut Tim Lawless, pertumbuhan di Sydney tidak cukup kuat di kuartal ini yang hanya mengalami peningkatan 5.4% sebagai nilai tertinggi sejak Maret.

Laporan dari news.domain.com.au menunjukkan adanya tren positif dengan peningkatan permintaan untuk hunian rumah serta kondisi ini akan tetap berjalan dikarenakan oleh nilai suku bunga yang rendah meskipun terjadi penyesuaian untuk investasi properti yang mengalami peningkatan tingkat suku bunga rata-rata sebesar 30bps. Hal ini juga disetujui oleh Mal James dari James Buyer Advocates yang mempercayai bahwa pasar properti Australia lebih cenderung dipengaruhi oleh para pembeli/investor asing dan tingkat migrasi daripada oleh naik turunnya nilai suku bunga lokal. James menambahkan penyesuaian suku bunga untuk investor dan menaikkan harga stamp duty tidak akan mempengaruhi dinamika pasar properti bagi para pembeli lokal.

Perubahan-perubahan kondisi variabel ekonomi seperti terpapar di atas bukanlah sebuah ilustrasi atau hambatan untuk melakukan investasi di properti. Tetap berdasarkan pada hukum ekonomi yang berasumsi bahwa semua pelaku pasar berperilaku rasional, maka perencanaan investasi yang tepat dan pemilihan properti yang baik adalah langkah untuk meminimalisasi risiko atas investasi.

 

Your time is limited, so don’t waste it living someone else’s life.
Steve Jobs (Former CEO of Apple Inc.)

A genius leader is not a searcher for consensus but a molder of consensus.
Martin Luther King, Jr. (American Baptist minister)

 

[alert color=”7AC2BD” icon=”128222″]Anda mungkin tidak mau kehilangan kesempatan untuk memperoleh imbal hasil yang optimal melalui perubahan pasar yang tidak Anda prediksikan sebelumnya. Hubungi kami di 1300 884 168 untuk perencanaan investasi properti dan pemilihan properti terbaik, yang sesuai dengan perencanaan yang Anda inginkan.[/alert]

[alert color=”C2BC93″ icon=”59172″]Tim kami kini juga hadir lebih dekat dengan keberadaan Anda di 19 Station St, Oakleigh. Kami harap dengan dibukanya kantor Xynergy yang ketiga di Melbourne ini, kami dapat membantu Anda dalam perencanaan investasi Anda lebih baik lagi. Don’t be regular, get Xynergy! [/alert] 

 

Alain Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), CPS (RE), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Licensed Estate Agent
Harvard University Scholar
(e.) [email protected]

Tanya Tjahjosarwono, B.Bus (MKT), M. ADV MKT.
Co-property Writer
Marketing Communications Manager
(e.) [email protected]

sumber: The Age, Domain News, CoreLogic RPData

[alert color=”C2AE9F” icon=”59141″]Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property management dan home/ commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti.[/alert]