“We live in a very tense society. We are pulled apart… and we all need to learn how to pull ourselves together… I think that at least part of the answer lies in solitude.” Helen Hayes, American Artist

Never be afraid to sit awhile and think.” Lorraine Hansberry, A Raisin in the Sun

Akhir tahun keuangan 2013/14 atau end of financial year (EOFY 2013/14) telah berakhir. Banyak catatan yang terjadi dalam periode ini dari berbagai aspek sosial ekonomi. Dalam tahun keuangan ini, masyarakat dihadapi oleh perubahan-perubahan kebijakan politik dan ekonomi yang berdampak secara langsung atau pun tidak ke seluruh lapisan masyarakat.

Sebagai salah satu negara anggota OECD dan G20, Australia juga merupakan negara yang dipandang berpengaruh dalam geopolitik percaturan dunia. Dengan adanya perubahan kebijakan yang terjadi secara menyeluruh, kondisi di Australia selalu memberikan implikasi secara langsung. Ekonomi Australia tetap pada tren positif sepanjang tahun keuangan 2013/14, bahkan relatif kuat untuk beberapa sektor seperti properti dan finansial.

Mata uang Dollar Australia merupakan salah satu mata uang yang dipandang stabil dan kuat serta aman sebagai alat investasi hingga berimplikasi secara langsung kepada sistem perdagangan lokal dan internasional. Berdasarkan laporan-laporan terakhir yang dihimpun dari RPData, REA, APM dan Domain menunjukkan pertumbuhan positif selama tahun ini. Melbourne mencatatkan pertumbuhan sebesar rata-rata 8.7%per annum dengan tingkat Auction Clearance rates sebesar 74% yang meningkat sebesar 10% lebih dari rata-rata tahun lalu. Dan jangka waktu rata-rata properti di pasar dan purchased discount mengalami penurunan sebagaimana terlihat pada grafik di bawah.

Dalam kondisi ekonomi yang stabil dan pertumbuhan populasi yang positif serta ditunjang dengan infrastruktur dan sarana publik yang baik, Australia tetap merupakan salah satu tempat yang baik untuk berinvestasi dengan tingkat imbal hasil yang terukur. Melbourne secara khusus yang telah mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 8.7% hingga akhir pertengahan Juni 2014 merupakan kondisi yang sesuai dengan prediksi para analis dengan tingkat pertumbuhan harga properti di Melbourne akan berlipat ganda dalam kurun waktu 11 hingga 12 tahun setelah adanya penyesuaian dari Global Financial Crisis tahun 2008 dan 2010, dimana harga properti berlipat ganda dalam waktu 7 hingga 8 tahun. Pada siklus pertumbuhan harga seperti terjadinya penyesuaian (adjustment) harga dengan penurunan harga seperti terlihat pada weekly change atau monthly change adalah kesempatan baik bagi para investor untuk membeli harga ketika terjadi penurunan dalam tren positif.

Dalam analisa investasi yang selalu didasarkan pada fundamental ekonomi dan industri, hal ini akan memberikan tingkat hasil yang lebih terarah dan terukur (one of the rules of thumb). Dan sebagai salah satu langkah investasi adalah membeli aset pada saat harga mengalami penurunan dalam tren positif untuk memperoleh tingkat imbal hasil yang lebih baik.

Musim dingin akan memberikan tekanan tersendiri seperti pada tingkat temperatur yang rendah hingga berdampak pada tekanan tersendiri seperti pada Winter Solitude. Tetapi hal ini tidak menghilangkan langkah alam untuk tetap mempertahankan kehangatan yang ada. Dengan tingkat suku bunga dasar Reserve Bank Australia 2.5% hingga perkiraan akhir tahun adalah sentimen positif untuk terus merespon pasar yang menjanjikan dalam jangka pendek dan panjang.

Alain M Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Finance Management & Investment Management Lecturer
(e.) [email protected]

[alert color=”C2B5A7″ icon=”9888″]Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi properti dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty Group memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property management dan home/ commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli properti.[/alert]

 

Don’t be regular dalam menganalisa oportunitas investasi Anda dengan berpedoman pada alat-alat investasi yang terukur. Kami, Xynergy Realty Group, dapat membantu dalam memberikan pilihan-pilihan investasi properti yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan Anda berdasarkan data dan informasi yang akurat. Hubungi kami di
1300 884 168 untuk konsultasi atau informasi lebih lanjut.