From stoplights to skyscrapers, turn anywhere in civilization and you will see imagination at work. It’s in our inventions, advances and remedies and how a single parent masterminds each day. Imagination is boundless, surrounds us and resides in us all.Geoffrey S. Fletcher, American Screen Writer – Film Director

I remember perfectly my first trip to New York, when I was on the bridge between Brooklyn and Manhattan, when I saw the skyscrapers. It was like an incredible dream.Diego Della Valle, Italian Philanthropist

Melbourne sebagai kota tempat tinggal terbaik di dunia selama 2 tahun terakhir, selalu memberikan perkembangan-perkembangan yang memukau banyak orang. Baik bagi penduduk yang tinggal serta pengunjung yang ingin menikmati dan mengagumi keunikan kota ini. Kota yang memiliki lebih dari 120 latar belakang budaya ini selalu menarik pendatang untuk menetap atau pun singgah sementara waktu. Hasil survey terakhir menunjukan tingkat rata-rata net imigrasi di Victoria sebesar 1,200 orang per minggu dan ditambah juga dengan pertumbuhan positif dari tingkat fertilitas dan perpindahan antarnegara bagian. Hal ini disebabkan dengan adanya kondisi kondusif dari Melbourne yang didukung oleh sistem pendidikan, kesehatan dan perumahan yang baik serta pertumbuhan ekonomi secara makro.

Victoria yang memiliki sangat banyak potensi dari kualitas pendidikan yang dikenal secara global, keindahan alam, tingkat keamanan untuk berinvestasi dan berbagai sarana pendukung lainnya, membuat orang tetap memiliki kenyakinan positif bahwa Victoria berada pada tempat yang tepat untuk terus berkembang maju untuk 10 ataupun 15 tahun ke depan.

Dengan adanya iklim investasi yang baik secara umum di dunia setelah mengalami tekanan-tekanan besar selama 2 tahun terakhir, Australia mendapatkan dampak positif secara makro. Perkembangan ekonomi Amerika, China dan Eropa, mampu mendorong tingkat investasi dari luar negeri yang masuk ke Australia khususnya di industri properti setelah industri pertambangan yang mulai mengalami perlambatan. Industri properti Australia merupakan industri kedua terbesar dari nilai aset, dan tetap memiliki tren positif untuk tahun 2014 secara khusus berdasarkan analisa para ekonom. Meskipun terdapat beberapa sentimen negatif dari tingkat angka pengangguran dari beberapa industri seperti pertambangan dan otomotif, tetapi secara umum tingkat angka pengangguran tersebut masih sesuai dengan target variabel analisa ekonomi secara keseluruhan. Hal ini terjadi secara khusus untuk industri jasa yang terus membuka lapangan pekerjaan baru dari waktu ke waktu. Dimana hal ini menjadi sebuah catatan tersendiri bagi para pelaku bisnis di Australia dengan adanya shifting market trend di tingkat angkatan usia produktif.

Dengan adanya kondisi makro secara keseluruhan yang berjalan dalam koridor ekonomi positif, membuat pemerintah terus untuk melakukan pembangunan dan pengembangan di berbagai bidang. Pembangunan-pembangunan infrastruktur utama seperti jalan bebas hambatan dan transportasi publik gencar dilakukan untuk menyetarakan dengan laju permintaan pasar untuk sarana publik tersebut sebelum berdampak negatif atau berbanding terbalik dengan tingkat pertumbuhan populasi Victoria secara umum. Dan hal lain juga yang menjadi perhatian pemerintah adalah ketersediaan tempat tinggal bagi para pendatang baru serta penduduk lokal melalui proyek-proyek baru berskala besar. Secara khusus seperti dilaporkan oleh The Age bulan lalu, bahwa pemerintah telah memberikan persetujuan untuk 5 proyek apartment di Melbourne CBD dan sekitarnya dengan kapasitas lebih dari 500 apartment per proyek. Hal ini dipandang perlu sebagai jawaban dari permintaan pasar yang terus meningkat. Kondisi ini juga tidak menutup kemungkinan beberapa proyek baru yang akan disetujui dalam bulan-bulan ini.
Untitled1
Untitled2
sumber: RPData, 2014

Berdasarkan informasi di atas serta ditunjang dengan pergerakan ekonomi positif yang ada selama satu tahun terakhir, seperti peningkatan auction clearance rate di atas 70%, nilai rata-rata harga rumah dan unit di Melbourne sebesar $470,000 dan $431,000 secara berurutan dan tingkat suku bunga dasar yang stabil di tingkat 2.5%; hal ini akan terus mendorong pertumbuhan positif dan indikator bahwa ekonomi Victoria berada pada jalur yang tepat. Dan juga untuk tetap mempertahankan predikat sebagai kota tempat tinggal terbaik di dunia, Melbourne akan menjadi pendatang baru sebagai city of skyscrapers dunia sejalan dengan waktu melalui pengembangan-pengembangan di segala bidang seperti pendidikan, kultural, dan jasa.

Perkembangan ekonomi yang dinamis dan positif seperti dipapartkan di atas, akan membuat Australia secara umum dan Melbourne secara khusus sebagai tempat investasi yang tepat dan menjanjikan. Don’t be regular dalam menganalisa oportunitas investasi Anda dengan berpedoman pada alat-alat investasi yang terukur. Kami, Xynergy Realty Group, dapat membantu dalam memberikan pilihan-pilihan investasi property yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan anda berdasarkan data dan informasi yang akurat. Hubungi kami di 1300 884 168 untuk konsultasi atau informasi lebih lanjut.

Alain M Warisadi,
CEA (REIV), CA (MFAA), TAA, CIT (M), Dipl FMBM, B. Ec (Fin)
Property Writer/ Property Consultant
Finance Consultant (Mortgage Broker)
Finance Management & Investment Management Lecturer
(e.) [email protected]

[alert color=”DBDBC5″ icon=”9888″]Informasi di atas adalah panduan dan gambaran umum dalam bidang investasi property, dan tidak untuk digunakan secara generalisasi. Xynergy Realty Group memberikan konsultasi individual untuk wealth creation strategy, property investment, property management dan home/commercial loan yang khusus didedikasikan bagi calon investor dan pembeli property.[/alert]