YUKK Ikut “AIBF 2017”-nya PPIA Monash University!

0
51

Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia ranting Monash University atau yang lebih dikenal dengan nama beken-nya PPIA Monash adalah suatu wadah organisasi pelajar Indonesia yang beranggotakan mahasiswa dari Indonesia yang sedang belajar di Monash University.

Pada setiap semester, PPIA Monash akan menggelar 1 event utama, dan pada tahun 2017 semester-1 ini, PPIA Monash kembali mengadakan event yang sangat berguna bagi para pelajar, baik untuk saat ini maupun untuk masa depan mereka, yaitu: “AIBF 2017” atau Australian Indonesia Business Forum dengan tema ;

‘Opportunity’ : “Forging creative and inspiring future leaders that seize to explore, expand and embrace opportunities”

AIBF 2017 bertujuan untuk mencari dan mendorong setiap kesempatan-kesempatan tersembunyi yang sesungguhnya dimiliki oleh para partisipan dengan ‘garis akhir’ yaitu partisipan dapat menyadari peluang-peluang cemerlang dalam bisnis dan karir mereka, serta dapat memajukan industry dan perekonomian Tanah Air tercinta kita INDONESIA.

Dalam perjalanannya, AIBF 2017 juga akan memberikan manfaat, seperti menambah ilmu dan wawasan, memberikan pengalaman berdiskusi dan berdebat dalam hal-hal seperti ekonomi, bisnis, keuangan, dan lain-lain. Lebih jauh, AIBF 2017 akan memfasilitasi partisipan dari Indonesia untuk dapat berintarkasi satu sama lain dan juga berinteraksi dengan partisipan dari Australia. Dalam hal ini, AIBF 2017 dapat memberikan ‘ruang’ bagi para partisipan untuk dapat menjalin networking dalam scope yang lebih luas lagi!

AIBF 2017 secara garis besar dibagi menjadi 2; yaitu Pre-event dan Main event

  1. Pre-event: OPINDO (Open Discussion, 28 Maret 2017) dan Debate Competition (6 April 2017)
  2. Main event: Diselengarakan pada tanggal 6 Mei 2017

 

Pre-Event

OPINDO (Open Discussion for Indonesia), 28 Maret 2017

Diskusi terbuka pada forum AIBF 2017 berdasarkan hal-hal yang up-to-date dalam perekonomian dan keuangan di Indonesia. Difasilitasi oleh PPIA Monash dengan memberikan narasumber-narasumber yang terpercaya; Fiyona Alidjurnawan dari PocketChange (Pocket fashion for woman) dan Darwin Wirawan, seorang Aristek terkenal. Para narasumber ini akan membahas hal yang berhubungan dengan kesempatan bisnis di Australia dan Indonesia, dan apa yang telah mereka lakukan merupakan hal yang terbilang luar biasa karena dapat dikatakan apa yang mereka lakukan tidak berkaitan langsung dengan industri bisnis, namun mampu meraih kesuksesan.

Debate Competition (Kompetisi Debat), 6 April 2017

AIBF 2016 tahun lalu, PPIA Monash mengadakan Business plan competition, namun pada tahun 2017, AIBF akan mengadakan sesuatu yang berbeda, yaitu Komeptisi Debat

Kompetisi Debat AIBF 2017 menggunakan sistem Asian Parliamentary Debate Format yang sudah biasa digunakan pada debat-debat calon Presiden atau Gubernur di kawasan Asia. Secara garis besar

partisipan akan diajak untuk membentuk sebauh ‘tim debat’ beranggotakan 3 orang per tim, dan akan diberi slot maksimal 4 tim (yaitu Tim A, Tim B , Tim C dan Tim D) yang akan berkompetisi dalam forum ini. Tim A melawan Tim B, dan Tim C melawan Tim D. Pemenang pada setiap ronde akan berhadapan di final hingga keluar 1 tim sebagai pemenang utama.

Debate Competition ini akan mendorong para mahasiswa untuk mengekspresikan dan mengungkapkan pikiran-pikiran serta ide-ide mereka mengenai topik, isu-isu dan juga hal-hal yang terjadi dalam industri bisnis dan ekonomi di Indonesia. Partisipan dalam tim akan diajak untuk menyatakan argumen-argumen mereka menjadi statement yang valid berdasarkan data-data dan riset yang riil, sehingga argumen mereka dapat digunakan dalam kehidupan nyata dan bermanfaat bagi semua partisipan yang hadir dalam forum ini.

Dalam ronde tahap awal, topik dan isu akan diberikan kepada setiap tim yang berkompetisi agar mereka dapat mempersiapkan segala arguman dan opini dengan baik, namun pada ronde akhir atau final, pertanyaan dan isu akan diberikan secara on the spot bertujuan untuk menguji mereka dalam real-life situation dimana keadaan sering berubah secara mendadak, dan pastinya membuat Debate Competition ini tentunya semakin seru!

Statement maupun ide-ide yang tercurah selama debate competition ini nantinya diharapkan akan dapat bermanfaat dalam kehidupan nyata dalam dunia usaha dan kerja, baik di Australia maupun di Indonesia.

So, don’t miss it yaa guyss!! Untuk registrasi team kalian, lansung kunjungi http://aibf.ppiamonash.org/debate.

 

 

PPIA Monash University